Pengaruh Tata Kelola, Motivasi dan Disiplin terhadap Prestasi Peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat III

  • Bacharudin BPSDMD Provinsi Nusa Tenggara Barat
Keywords: Tata kelola diklat, motivasi, disiplin, prestasi

Abstract

Tujuan Pendidikan dan pelatihan kepemimpinan  (diklatpim)  III Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat Tahun 2019 adalah meningkatkan kompetensi kepemimpinan pejabat struktural eselon III yang akan berperan dan melaksanakan tugas dan fungsi kepemerintahan di instansinya masing masing. Keberhasilannya  tergantung pada dua faktor, yakni:  Pertama, Peserta diklat, yang tergambar dari capaian prestasi dalam evaluasi diklatpim III.  Kedua, BPSDMD Nusa Tenggara Barat, yang tergambar dari tata kelola diklat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dua faktor tersebut dengan menggunakan variabel tata kelola diklat, motivasi,  disiplin, dan prestasi peserta. Populasi penelitian meliputi semua peserta diklat berjumlah 40 orang.  Teknik analisis menggunakan  aplikasi IBM SPSS Statistics. Hasil penelitian menemukan bahwa  prestasi peserta diklat dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh tata kelola diklat,  motivasi, dan disiplin peserta secara parsial, maupun secara simultan. Dengan demikian, naik turunnya variabel tata kelola diklat, motivasi dan disiplin peserta akan mempengaruhi tingkat prestasi peserta diklat.  Temuan lainnya adalah Widyaiswara sebagai faktor paling esensial dalam tata kelola diklat harus selalu meningkatkan kompetensinya, baik secara mandiri maupun memperoleh fasilitasi dari organisasi BPSDM Provinsi Nusa Tenggara Barat. Di masa depan peserta diklat perlu dibebastugaskan dari beban tugas administratif perkantoran sehingga dapat mencurahkan alokasi waktunya hanya untuk pendidikan dan pelatihan.

References

Anderman, E. M. (1994). No Title. Journal of Research in Science Teaching., 3(8), 81-83.

Arikunto, S. (1990). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bumi Aksara.

Crow, L. D. (1986). Introduction to Education. Alabama USA: American Book Company.

Darmawan, C. (2017). Kiat Sukses Manajemen Rasulullah: Manajemen Sumber Daya Insasni Berbasis Nilai-Nilai Ilahiyah. Khazanah Intelektual.

Dewi, L. S. (2020). Korelasi Antara Disiplin Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru., 3(3), 429-435.

Efendi, S. &. (2012). Metode Penelitian Survey. Jakarta: LP3ES.

Elliot, A. J. (2000). Educational Psychology: Effective Teaching, Effective Learning. (Vol. Third Edition). Boston: The McGraw-Hill.

Fachmi, F. H., Pratiwi, R. N., & Trisnawati. (2015). Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan (DIKLAT) Terhadap Prestasi Kerja (Studi Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Pamekasan). Jurnal Administrasi Publik Mahasiswa Universitas Brawijaya., 3(11), 1809-1813.

Fortier, M. S. (2015). Academic Motivation and School Performance: Toward a Structural Model. Contemporary Educational Psychology (Vol. 20.).

Good, T. L. (1999). Educational Psychology: A Realistic Approach. . New York: Longman.

Hadis, A. (2006). Psikologi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Hafid, H. (2007). Pengaruh Metode Pembelajaran (Kooperatif Model STAD vs Konvensional) dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Pemecahan Masalah Soal Cerita Matematika Pada Siswa Kelas IV SD di Kota Makasar. . Malang: Universitas Negeri Malang.

Hamzah, H. (2017). Kompetensi Widyaiswara Dan Kualitas Diklat. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran., 1(2), 111-118.

Handayani, S. &. (2020, 4). Hubungan Motivasi Dan Moral Kerja Dengan Prestasi Kerja Pegawai Pada Sekretariat Pemerintah Daerah Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Akuntansi, Manajemen Dan Ekonomi Islam (JAM-EKIS)., 3(2), 38-57.

Hapsari, D. &. (2017, April ). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Negeri 2 Bawang. 4(1), pp. 269–274.

LAN. (2008). Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara No. 5 tahun 2008 tentang standar kompetensi widyaiswar. Jakarta: LAN.

LAN. (2015). Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara No.19 Tahun 2015. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia.

Librawati. (2013). Analisis Pengaruh Sikap Profesional, Iklim Kerja Sekolah dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri di Kecamatan Sukawati. EJurnal PPS Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1).

Miner, G. (2011). Analyzing Career Paths. Plotting a Career Path. 3(3), pp. 51-59.

Priyanto, A. A. (2019, Agustus). Motivasi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Sehingga Mmemiliki Kualitas Pendidikan yang Baik untuk Menghadapi Kompetensi di Dunia Kerja di SMK Darussalam, Ciputat, Tanggerang Selatan. Jurnal ABDIMAS Tri Dharma Manajemen., 1(1), 22-26.

Riyani, Y. (2012). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa (Vol. 8). Pontianak: Jurnal Eksos.

Sanjaya, W. (2008). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sardiman, A. (2007). (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo.

Soetjipto, &. K. (2000). Profesi Keguruan. . Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan & Rineka Cipta.

Suryosubrata, S. (2009). Proses Belajar di Perguruan Tinggi. Depok: Andi Offset.

Taniredja, T. &. (2012). Penelitian Kuantitatif: Sebuah Pengantar. Bandung: Alfabeta.

Tasmara, T. (2002). Membudayakan Etos Kerja Islami. Depok: Gema Insani Press.

Van Veldhoven, M. &. (2008). Age, proactivity and career development. Career Development International. Retrieved from https://doi.org/10.1108/13620430810860530

Veithzal, R. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta: Raja Grafindo-Persada.

Wulan, S. (2013). Hubungan Disiplin dengan Kinerja Guru SMA Negeri di Tiga Kecamatan Kota Depok. Jurnal Ilmiah Widya, 1(2), 106.

Published
2021-10-24
How to Cite
Bacharudin. (2021). Pengaruh Tata Kelola, Motivasi dan Disiplin terhadap Prestasi Peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat III. Jurnal Widyaiswara Indonesia , 2(3), 159-164. https://doi.org/10.56259/jwi.v2i3.90
Section
Artikel Orasi Ilmiah