Strategi Peningkatan Kinerja SDM Kesejahteraan Sosial Untuk Akselerasi Pembangunan Kesejahteraan Sosial Berbasis Kepulauan

  • Sartono Pinning BPSDM Provinsi Maluku
Keywords: Kinerja SDM, kesejahteraan sosial, analisis SWOT, analisis QSPM

Abstract

Peningkatan kinerja SDM Kesejahteraan Sosial baik secara kualitatif maupun kuantitatif
dimaksudkan untuk memperkuat dan memperluas jaringan kerja pembangunan bidang
kesejahteraan sosial, memperpendek pelayanan dan rentang kendali dalam peningkatan layanan
pembangunan bidang kesejahteraan sosial, termasuk penanganan dan penanggulangan problem
kemiskinan yang saat ini menempatkan Provinsi Maluku pada peringkat ke-4 termiskin di
Indonesia dengan jumlah penduduk miskin pada Maret 2023 mencapai 301,61 ribu orang atau
16,42 persen. Penelitian ini bertujuan merumuskan strategi untuk meningkatkan kinerja SDM
Kesejahteraan Sosial dalam penyelenggaraan usaha-usaha kesejahteraan sosial berdasarkan analisis
dan identifikasi faktor-faktor internal dan eksternal untuk akselerasi pembangunan kesejahteraan
sosial berbasis kepulauan di Provinsi Maluku. Penelitian ini didesain dengan menggunakan jenis
penelitian kombinasi model atau desain sequantial explanatory. Untuk tahap pertama metode
kuantitatif, pendekatan yang digunakan adalah analisis SWOT untuk menentukan pemetaan
posisi strategi peningkatan kinerja SDM Kesejahteraan Sosial dan Quantitative Strategic Planning
Matrix (QSPM) untuk menentukan prioritas strategi peningkatan kinerja SDM Kesejahteraan
Sosial. Sedangkan tahap kedua metode kualitatif digunakan untuk membuktikan dan memperluas
data kuantitatif yang telah diperoleh pada tahap awal. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa
strategi yang dianggap paling tepat untuk peningkatan kinerja SDM Kesejahteraan Sosial untuk
akselerasi pembangunan kesejahteraan sosial berbasis kepulauan di Provinsi Maluku adalah
strategi agresif yakni berusaha memperbaiki kondisi internal kelemahan dan eksternal ancaman
dengan memanfaatkan sejumlah kekuatan internal yang dimiliki dan peluang eksternal melalui
tiga pentahapan, yakni jangka pendek (1-3 tahun), jangka menengah (3-5 tahun) dan jangka
panjang (lebih dari 5 tahun).
The improvement of social welfare human resources performances, both qualitatively and quantitatively, is
intended to streght and expand the development in the field of social welfare, shorten services delivery and
control spans in improving social welfare development services, including addressing and mitigating poverty
issues. Currently, poverty ranks Maluku Province as the fourth poorest province in Indonesia, with the
number of poor people reaching 301,61 thousand or 16,42 percent of the population as of Marc 2023.
This research aims to formulate strategies to enhance the performance of human resources in social welfare
in the implementation of social welfare efforts based on the analysis and identification of internal and
external factors for accelerating social welfare development based on islands in the Maluku Province. The
research is designed using a combination of research types or sequential explanatory design. For the first
stage, a quantitative method is used, employing the SWOT analysis approach to determine the mapping of
the position of strategies to improve the performance of social welfare human resources and the Quantitative
Strategic Planning Matrix (QSPM) to determine the priority of strategies to improve the performance of social
welfare human resources. In the second stage, qualitative methods play a role in confirming and expanding
the quantitative data obtained in the initial stage. The findings of this research indicate that the strategy
to improve the performance of social welfare human resources for the acceleration of island-based social
welfare development in the Maluku Province is an aggressive strategy. This involves addressing internal
weaknesses and external threats by leveraging internal strengths and external opportunities through three
stages: short term (1-3 years), medium term (3-5 years), and long term (more than 5 years)

References

Afifah, D.N., 2023. Peningkatan Kinerja Pekerja Sosial Dalam Memberikan Pelayanan Kepada PPKS (Pemerlu Pelayanan

Kesejahteraan Sosial) di Dinsos PPKB Rembang Melalui Pendekatan Work As Calling. Junal Manajemen Pelayanan Publik

, 123–136.

Andrianto, W., Soeaidy, M.S., Rengu, S.P., 2018. Peran Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan Dalam Penanggulangan

Masalah Kesejahteraan Sosial (Studi Pada Dinas Sosial Kabupaten Malang). Jurnal Administrasi Publik 2, 202–209.

Arifah, S., Moch.Zainuddin, Gustama, A.S., 2015. Pengembangan Sumber Daya Manusia di Lembaga Organisasi

Pelayanan Sosial. Prosiding KS: Riset & PKM 3, 292–428.

Budiarti, I., Iffan, M., Mahardika, K., Seftiani, S., Warlina, L., & Sufa’atin, S. (2021). Kajian Model Pengembangan SDM

Pariwisata Di Kawasan Jatigede Kec. Darmaraja Kab. Sumedang. Indonesian Community Service and Empowerment Journal

(IComSE), 2(1), 99–107. https://doi.org/10.34010/icomse.v2i1.4706

Fardela, A., 2012. Analisis Strategi Agresif Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Kantor Cabang Probolinggo.

Fitri Anggreani, T. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi SWOT: Strategi Pengembangan SDM, Strategi Bisnis, Dan

Strategi MSDM (Suatu Kajian Studi Literatur Manajemen Sumberdaya Manusia). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem

Informasi, 2(5), 619–629. https://doi.org/10.31933/jemsi.v2i5.588

Harahap, J.M., Hasibuan, M.I., Watrianthos, R., 2020. Pengaruh Reward and Punishment (Penghargaan dan Hukuman),

Koordinasi Pemerintah Daerah Terhadap Kinerja SDM Program Keluarga Harapan ( PKH ) di Lingkungan Dinas Sosial

Kabupaten Labuhanbatu. Kapital : Jurnal Ilmu Manajemen 02, 1–12.

Hikmawati, E., Rusmiyati, C., 2022. Mengembangkan Kompetensi Sumber Daya Manusia Penyelenggara Kesejahteraan Sosial di

Daerah. JPSK Yogyakarta 2, 1–12.

Isnaini, L., & Affiani, M. 2019. Analisis Strategis dan Kunci Keberhasilan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia

(BPSDM) Provinsi Jambi. J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains), 4(1), 118. https://doi.org/10.33087/jmas.v4i1.79

Istiqomah, A. 2016. Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kinerja Aparatur

Desa Dengan Menggunkan Analisis SWOT (Studi Kasus di Desa Pinggan, Kecamatan Bulu, Kabupaten Rembang). E

Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana 4.06, 3(1), 1–23.

Kadir, S., Hariadi, S.S., Subejo, S., 2016. Pengaruh Dukungan Organisasi Dan Kemampuan Individu Terhadap Kinerja

Penyuluh Sosial Dan Partisipasi Masyarakat. Sosio Konsepsia 6, 39–55. https://doi.org/10.33007/ska.v6i1.219

Meiayuti, P. W. 2013. Pengelolaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pada PT. Aneka Sejahtera Engineering.

Jurnal Manajemen Bisnis Petra, 1(2), 1–12.

Nisak, Z. 2014. Analisis SWOT Untuk Menentukan Strategi Kompetitif. Jurnal Ekbis, 3(1), 1–8

Prastyowati, S., Eko, R.T., 2020. Kinerja TKSK dalam Pelayanan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial. Media

Informasi Penelitian Kesejahteraan Sosial 40, 227–242.

Purnamasari, H., Ramdani, R., 2021. Sosialisasi Manajemen Kinerja Tenaga Kesejahteraan Kecamatan Dalam

Penanggulangan Masalah Kesejahteraan Sosial Di Kecamatan Karawang Barat. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada

Masyarakat 3, 500–506. https://doi.org/10.24198/kumawula.v3i3.29734

Salusu, J., 2002. Pengambilan Keputusan Strategik Untuk Organisasi Publik dan Organisasi Nonprofit. PT Gramedia, Jakarta.

Suradi, Mujiyadi, B., 2018. Kinerja Pendamping Sosial pada Program Penanganan Kemiskinan dan Kelompok Rentan di

Kota Tarakan. Sosio Konsepsia 7, 130–145.

Taftazani, B.M., Purnama, F.H., Raharjo, S.T., 2020. Pekerjaan Sosial Untuk Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Share : Social Work Journal 10(1).

Kabupaten

Ulumudin, A., Nurbudiwati, N., Lismanah, L., 2019. Kinerja Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan di Kecamatan

Pasirwangi

Garut.

https://doi.org/10.36624/jpkp.v10i1.28

Jurnal

Pembangunan

dan

Kebijakan

Publik

,

–10.

Widiatmo, A., 2021. Quo Vadis Pengembangan Kapasitas SDM dan Kelembagaan Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial:

Adios Badiklitpensos? Jurnal Pusdiklat Kesos 18, 1–13.

Zimmer, T.W., Scarborough, N.M., 2002. Pengantar Kewirausahaan dan Manajemen Bisnis Kecil. Prehalindo, Jakarta.

Published
2024-04-19
How to Cite
Pinning, S. (2024). Strategi Peningkatan Kinerja SDM Kesejahteraan Sosial Untuk Akselerasi Pembangunan Kesejahteraan Sosial Berbasis Kepulauan. Jurnal Widyaiswara Indonesia , 5(01), 1-12. https://doi.org/10.56259/jwi.v5i01.244
Section
Artikel Orasi Ilmiah