Peran Kepemimpinan dalam Pelayanan Publik Pengadilan di Masa Pandemi Covid-19 dan Era New Normal

  • Jeanny Hutauruk Mahkamah Agung
Keywords: Leadership, Pelayanan Publik, Pengadilan, dan Era New Normal

Abstract

Penelitian ini menganalisis tentang bagaimanakah peran kepemimpinan terhadap
Layanan Publik pada Pengadilan di Era New Normal, sehingga Pengadilan dapat tetap
berjalan dengan menegakkan/menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa Protokol Kesehatan
pada saat Pandemi Covid-19 dan Era New Normal diterapkan pada Pengadilan dan
Pengadilan tetap berjalan, tetapi tidak maksimal, salah satu penyebabnya adalah karena
Peran kepemimpinan yang kurang mumpuni, terlebih disaat Pandemi karena Tupoksi
dari Ketua Pengadilan (yang terutama/prioritas) adalah menerima, memeriksa dan
memutus perkara. Ketua Pengadilan Tinggi, lebih baik kepemimpinannya karena sudah
lebih berpengalaman. Kepemimpinannya sudah lebih tertempa dan matang.

 

References

Dwiyanto,Agus.2006. Mewujudkan Good Governance melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta: GM University
Fahmi Irfan, 2013, Manajemen Kepemimpinan Birokrasi, Bandung: Alfabeta. Kencana Inu, 1999. Ilmu
Administrasi Publik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
George Robert Terry (1958). Principles of Management (Sukarna, 2011:10)
Harrington Emerson dalam Phiffner John F. dan Presthus Robert V (1960)
Hong, B. Van. (2016). Professional Competence Oriented Solution of High Quality Human Resource. Journal of Science, 61(Educational), 130–135.
Jarad, G. A., & Shaalan, M. A. (2020). Assessment of Digital Competence of Employees and Teaching Staff at
The Technical College of Management Kufa. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 12(12), 1-17.
Kazim, F. A. (2019). Digital Transformation and Leadership Style :
A Multiple Case Study. 3 (1).
Lukas, M., Lukas, V., & Murinoova, A. B. U. of T. (2018). Significant Leadership competencies at
large industrial companies. Business,Economics and Managemen Journal, 8(1), 30–37.
Mihardjo, L., & Sasmoko, S. (2018). Digital Transformation: Digital leadership Role in Developing Business
Model Innovation Mediated by Co-Creation Strategy for Telecommunication Incumbent Firms.
Strategy and Behaviors in the Digital Economy.
Munir, 2000. Manajemen Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi Aksara.
Mangundjaya, 2016
Narbona, J. (2016). Digital Leadership, Twitter And Pope Francis. 1, 90 –109. Oberer,B,& Erkollar, A. (2018).
Prof Lippold, D. (2017). Digital Leadership: 6 key Management Challenges Today.
Poerwadarminta (1993:518)
Questibrilia, B. (2019). Asah 6 Kompetensi yang Bisa Kembangkan diri kamu.
Sainger, G. (2018). Leadership in Digital Age: A Study on the Role of Leader in this Era of Digital Transformation.
Samahita Wirotama, 2020
Spencer dan Spencer dalam Palan (2007)
Stephen Robbin (2007:38)
Sedarmayanti. 2012. Good governance “kepemerintahan yang baik” Bandung: Maju Mundur
Suparno (2012:27)
Peraturan Perundangan
Kepala BKN No. 46A tahun 2003
Peraturan MENPAN-RB No. 10 Tahun 2019
Peraturan MENPAN-RB No. 90 Tahun 2021
Undang-undang No 13 Tahun 2003 pasal 1(10) Ketenagakerjaan, (2003)
Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKN)
LHE KemenPAN RI
Published
2023-05-30
How to Cite
Hutauruk, J. (2023). Peran Kepemimpinan dalam Pelayanan Publik Pengadilan di Masa Pandemi Covid-19 dan Era New Normal. Jurnal Widyaiswara Indonesia , 4(1), 35-46. https://doi.org/10.56259/jwi.v4i1.185
Section
Artikel Orasi Ilmiah