Evaluasi Efektivitas Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) pada Penanaman Nilai Agenda 1 Pelatihan Dasar CPNS

  • Tantry Nugroho Kementerian Desa PDTT
Keywords: Efektivitas, learning management system, latsar calon pegawai negeri sipil, pembelajaran daring

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi hasil pelaksanaan pelatihan dasar bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (Latsar CPNS) dilihat dari efektivitas internalisasi, aktualisasi, dan pemahaman pengetahuan nilai-nilai pembelajaran Agenda 1 yang merupakan bagian materi latsar tersebut. Metode pelaksanaan latsar dapat dilaksanakan secara tatap muka langsung (klasikal) maupun pelaksanaan jarak jauh dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi yang dikenal dengan dalam jaringan (daring) atau online system. Observasi dan pengumpulan data diperoleh dari pelaksanaan latsar CPNS yang dilaksanakan di Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Juli s.d September 2021, pada masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masa pandemi COVID 19. Metodologi penelitian dikategorikan sebagai penelitian kuantitatif, melalui observasi, pengolahan dan dan analisis data Teknik pengumpulan data dilakukan dengan sampling data, kuesioner, dan wawancara responden, yaitu peserta latsar CPNS Kementerian Desa tahun 2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran daring untuk pelatihan dasar relatif efektif, Analisis menunjukkan bahwa peserta setuju sangat mudah beradaptasi dengan penggunaan media daring, peserta setuju penetapan penggunaan media daring sudah sesuai dengan kondisi pandemi saat ini, peserta setuju widyaiswara dan peserta sudah mampu dalam menggunakan media daring, peserta beranggapan setuju terkait kemudahan dan kenyamanan dalam penggunaan media daring, Peserta setuju tidak ada kendala dalam penggunaan media daring, namun terdapat peserta beranggapan masih terdapat kendala dalam menggunakan media daring dan LMS Kolabjar. Pencapaian tujuan pembelajaran peserta beranggapan setuju bahwa pelaksanaan Agenda 1 klasikal secara daring sangat membantu dalam menanamkan nilai-nilai Bela Negara. Sedangkan tingkat pemahaman, internalisasi dan aktualisasi nilai-nilai Agenda 1 seluruh peserta sudah baik, dibuktikan dengan 74,8% setuju

 

References

Bagiyono. 2012. Evaluasi Pelatihan Teknik Mengajar Berdasarkan Model Empat Level Evaluasi Pelatihan Kirkpatrick. Prosiding Elektronik Seminar Nasional VIII SDM Teknologi Nuklir: Pusat Pengembangan Informatika Nuklir (PPIN)-BATAN Yogyakarta. 7: 319-325

Dewi, Wahyu Aji Fatma. 2020. Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2 (1): 55-61

Hidayah A. A. F., Al Adawiyah R., dan Mahanani P. A. R. 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Sosial :Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 21 (2): 53–56.

Jayusman I dan Shavab O.A.K . 2020. Studi Deskriptif Kuantitatif tentang Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Edmodo Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak 7 (1) :13-20.

Keputusan Kepala LAN RI Nomor 94/K.1/PDP.07/2021 Tentang Kurikulum Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil

Kirkpatrick, Donald, L., dan James D. Kirkpatrick. (2005). Evaluating Training Program the Four Levels. San Fransisco: Barrett-Koehler Publisher, Inc.

Kurniawan, A. 2016. Kontribusi Diklat Online Terhadap Calon Pejabat Fungsional Pengembang Teknologi Pembelajaran. Jurnal Teknodik 20 (2): 121-129

Mustakim. 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Al asma: Journal of Islamic Education. 2 (1): 1-12

Nadziroh, F. 2017. Analisa Efektifitas Sistem Pembelajaran Berbasis E-Learning. Jurnal Ilmu Komputer Dan Desain Komunikasi Visual (Jikdiskomvis), 2(1), 1–14.

Nurrohma, R.I. & Adistana, G A, Y.P. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Media E-Learning Melalui Aplikasi Edmodo pada Mekanika Teknik. Jurnal Ilmu Pendidikan. 3 (4): 1199 – 1209.

Pangodian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. 2019. Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. Sainteks 2019, 56–60. Retrieved from https://seminar-id.com/semnas-sainteks2019.html

Peraturan Lembaga Administrasi Negara Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil

Rahman, M.A., Amarullah, R., Hidayah, K. 2020. Evaluasi Penerapan Model Pembelajaran E-Learning Pada Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil. Jurnal Borneo Administrator. 16 (1): 101-116.

Sari, D.P dan Sutapa P. 2020. Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Dengan Daring Selama Pandemi Covid-19 Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (PJOK). Seminar Nasional Olahraga. Universitas PGRI Palembang. 2 (1): 19-29.

Suharsono, A. 2020. Pembelajaran Daring Latsar CPNS From Home Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal SAP (Susunan Artikel Pendidikan). 5 (1): 1-8.

Published
2023-06-23
How to Cite
Tantry Nugroho. (2023). Evaluasi Efektivitas Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) pada Penanaman Nilai Agenda 1 Pelatihan Dasar CPNS. Jurnal Widyaiswara Indonesia , 4(1), 57-68. https://doi.org/10.56259/jwi.v4i1.120
Section
Artikel Riset (Research Paper)