Perilaku Pemilihan Media Belajar dalam MOOC dan Dampaknya T erhadap Pemahaman Awal Peserta

  • Tri Nugrahadi
Keywords: Perilaku, MooC, Pelatihan

Abstract

Penerapan MOOC pada awal pelatihan bermaksud agar para peserta dapat mempelajari terlebih dahulu ragam materi yang akan diberikan selama pembelajaran. Sehingga pada saat pembelajaran, komunikasi antara fasilitator dan peserta lebih berupa diskusi dibanding ceramah. Sayangnya, tidak semua peserta dapat mempelajari semua media pembelajaran yang tersedia secara lengkap. Beragam alasan dikemukakan, seperti sibuk, banyak tugas kantor, tidak ada waktu, dan sebagainya. Untuk mengatasi hal ini, dalam penyelenggaraan Pelatihan Literasi Statistik dan Indikator Strategis BPS tahun 2023, Pusdiklat BPS melakukan treatment berupa penambahan video sebagai alternatif pemilihan media pembelajaran dalam MOOC. Untuk mengetahui bagaimana perilaku peserta dalam memanfaat ragam media tersebut, dilakukan penelitian menggunakan Google Form yang dibagikan di WhatsApp Group peserta. Sebanyak 131 dari 194 peserta responsif. Hasilnya, 37% peserta tidak dapat mengikuti pembelajaran MooC sesuai agenda. Alasan utama adalah memiliki agenda tugas yang beririsan waktu. Untuk mengatasi hal ini sebagian besar memanfaatkan waktu senggang di kantor untuk belajar, dan video menjadi media pembelajaran pilihan terbanyak. Meskipun durasinya singkat, namun pembelajaran melalui video ternyata mampu memberikan pemahaman awal kepada peserta. Hal ini ditunjukkan dengan nilai pre-test yang relatif tidak berbeda jauh dengan media pembelajaran lainnya.

Published
2024-01-05