Optimalisasi Penerapan Prinsip Pembelajaran Brain Based Learning Pada Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara

  • Dewi Puspitasari
Keywords: Pembelajaran Berbasis Otak, Pengembangan Kompetensi, Widyaiswara, Aparatur Sipil Negara,, Pelatihan

Abstract

Belum optimalnya pelaksanaan pengembangan kompetensi melalui pendidikan dan pelatihan dalam mendukung penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik telah menjadi ancaman baru dalam mewujudkan cita-cita memiliki birokrasi berkelas dunia 2045. Adapun perubahan dalam metode penyelenggaraan pelatihan yang bergeser dari luring menjadi daring dan bauran menjadi tantangan tersendiri bagi Widyaiswara dalam mengelola kelas agar peserta tetap dapat aktif partisipatif dalam pembelajaran. Brain-based learning merupakan paradigma prinsip pembelajaran yang disusun dengan mempertimbangkan cara kerja dan kemampuan otak manusia agar pembelajaran dapat lebih cepat mencapai tujuan pelatihan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Mendapatkan informasi terkait prinsip pembelajaran Brain-based learning; 2) menganalisis penerapan prinsip Brain-based learning dalam pengembangan kompetensi Aparatur Sipil Negara; 3) menemukan outcome penerapan model Brain based learning dalam pengembangan kompetensi Aparatur Sipil Negara. Metode penelitian menggunakan Metode yang dilakukan yaitu metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan kajian Pustaka yang menggunakan data sekunder dan merekonstruksi dari berbagai sumber seperti buku, peraturan perundang-undangan, jurnal, dan riset-riset yang sudah ada yang kemudian dianalisis secara kritis dan mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan implementasi prinsip pembelajaran Brain-based learning dapat meningkatkan keterlibatan dan keaktifan peserta dalam proses pembelajaran. Dengan demikian hal tersebut berdampak pada peningkatan kemampuan dalam mentranformasikan pengalaman menjadi sebuah pembelajaran baru sehingga program pengembangan kompetensi Aparatur Sipil Negara dapat lebih optimal.

Published
2024-01-05