Inovasi Pembelajaran E M BLD Berbasis E Learning Untuk Pelatihan Jarak Jauh Guru Kimia Madrasah Aliyah

  • Intan Pulungan
  • Retno Dwi Suyanti Universitas Negeri Medan
  • Wardatul Husna Irham Institut Teknologi Sawit Indonesia
Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran Berbasis Masalah, Materi Essensial dan Hidrokarbon

Abstract

Telah dilakukan inovasi pembelajaran berbasis literasi digital sebagai inovasi cara belajar dengan teknologi e-MBLD. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar inovatif yang valid, praktis, dan efektif dalam rangka meningkatkan hasil belajar, khususnya kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta pelatihan PJJ Guru Kimia MA pada Materi Esensial Hydrokarbon dan Minyak Bumi. Metode yang digunakan adalah metode R&D (Research and Development). Pengembangan bahan ajar menggunakan model Problem Based Learning dengan E-Learning berbasis literasi digital menggunakan sintak pada isi e-modul yang telah diperoleh oleh peserta PJJ Guru Kimia MA. Subyek penelitian ini adalah peserta pelatihan jarak jauh Guru Kimia Madrasah Aliyah di Balai Diklat Keagamaan Medan sebanyak 30 orang peserta. Hasil penelitian menunjukan bahwa produk e-MBLD pada pokok bahasan Materi Essensial Hidrokarbon Dan Minyak Bumi adalah valid artinya sangat layak. Kepraktisan desain e-MBLD pada pokok bahasan Materi Essensial Hidrokarbon dan Minyak Bumi dengan kriteria baik, Efektifitas produk e-MBLD pada pokok bahasan
Materi Essensial Hidrokarbon dan Minyak Bumi dengan kriteria baik. Terdapat korelasi antara motivasi belajar dan kemampuan hasil belajar peserta PJJ yang menggunakan e-MBLD pada pokok bahasan materi essensial hidrokarbon dan minyak bumi karena harga Sig. < ???? (0,046 < 0,05). Terdapat korelasi antara motivasi berprestasi terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi karena harga Sig. < ???? (0,034 < 0,05). Terdapat peningkatan hasil belajar kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta pelatihan kimia yang diajarkan dengan e modul kimia MA dengan harga Sig. < ???? (0,159 > 0,05).

Published
2024-01-03