Identifikasi Kesulitan Guru Dalam Menyusun Publikasi Ilmiah
Abstract
Seorang guru dituntut memiliki kompetensi yang dipersyaratkan sesuai peraturan, yaitu kompetensi sosial, kompetensi kepribadian, kompetensi paedagogik dan kompetensi professional. Publikasi ilmiah memiliki peranan yang sangat penting dalam menunjang karier guru, karena dengan publikasi ilmiah maka guru akan merasa ditantang untuk: a) memahami era perkembangan pengetahuan dan teknologi saat ini, b) berkontribusi terhadap perkembangan penggunaan strategi, model serta metode dalam pembelajaran, c) pengembangan praktik baik dalam penggunaan model-model pembelajaran kreatif dan inovatif melalui berbagai referensi yang dibacanya. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kesulitan guru madrasah dalam menyusun publikasi ilmiah. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian survey. Subjek penelitian ini adalah peserta PDWK berjumlah 30 orang. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini dengan mengolah data menjadi rata-rata, kemudian hasil tersebut dideskripsikan menjadi faktor-faktor kesulitan yang dialami guru-guru dalam menyusun publikasi ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan ada tiga faktor utama kesulitan guru dalam menyusun publikasi ilmiah; tidak ada yang membimbing dalam menyusun publikasi ilmiah, waktu yang dimiliki untuk menyusun publikasi ilmiah sangat terbatas, dan kesulitan menemukan gagasan/ ide dalam menyusun publikasi ilmiah