Analisis Bibliometrik: Tren Penelitian terhadap Pemanfaatan Artificial Intelligence pada Pelatihan Guru
Abstract
Teknologi memegang peranan penting dalam segala aspek kehidupan. Aspek-aspek yang erat kaitannya dengan perkembangan teknologi adalah pendidikan dan pelatihan. Dalam kaitannya dengan pendidikan dan pelatihan, salah satu yang menjadi perhatian adalah guru. Di era perkembangan teknologi saat ini, guru wajib meningkatkan kompetensinya. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah mengikuti pelatihan. Di sisi lain, teknologi yang berkembang saat ini adalah Artificial Intelligence (AI). Pemanfaatan AI ini menjadi salah satu aspek yang menarik untuk dikaji dalam kaitannya dengan pendidikan dan pelatihan. Oleh karena itu, Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui tren penelitian terhadap pemanfaatan AI pada Pelatihan Guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah literature review menggunakan analisis Bibliometrik. Berdasarkan 200 artikel Jurnal yang ditelusuri menggunakan kata kunci artificial intelligence, training, teacher melalui aplikasi Harzing’s Publish or Perish dengan data bersumber dari Google Scholar serta terbit dalam kurun waktu 2018-2024, diperoleh sebanyak 147 artikel Jurnal yang terpilih untuk dianalisis lebih lanjut. Artikel-artikel tersebut kemudian dianalisis menggunakan VOS Viewer. Hasil Penelitian menemukan bahwa (1) tren publikasi terkait pemanfaatan AI pada pelatihan guru cenderung mengalami peningkatan dari Tahun 2018 sampai dengan Tahun 2021 sedangkan untuk tahun selanjutnya cenderung naik turun; (2) Topik penelitian yang dilakukan lebih banyak terkonsentrasi tiga topik yaitu Higher Education, Virtual Reality dan Curriculum; (3) Topik penelitian di tahun 2024 cenderung bergeser dan fokus pada beberapa topik antara lain Implementation, Teachers’ Attitudes, Science Education, ChatGPT, Virtual Trainer dan Mathematics Education; dan (4) Topik yang berpotensi untuk dilakukan penelitian lebih lanjut terkait pemanfaatan AI pada pelatihan guru adalah Augmented Reality.