Efektivitas Penggunaan Mendeley dan Publish or Perish dalam Pelatihan Karya Tulis Ilmiah

  • Rahmadani Balai Diklat Keagamaan Ambon
  • Zainal Bakri Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Pelatihan, Karya Tulis Ilmiah, Mendeley, Publish or Perish

Abstract

Salah satu pelatihan pengembangan keprofesian berkelanjutan bagi guru adalah karya tulis ilmiah. Tingginya minat guru dalam mengikuti pelatihan tersebut belum berkorelasi positif dengan kemampuan guru menulis artikel ilmiah. Banyak guru yang mengatakan sulit mencari ide dan referensi ketika ingin menulis. Salah satu cara yang dapat mempermudah penyusunan artikel adalah penggunaan aplikasi Mendeley dan Publish or Perish (PoP). Oleh karena itu, peneliti ingin mengkaji penggunaan aplikasi Mendeley dan PoP dalam Pelatihan Karya Tulis Ilmiah bagi guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan Mendeley dan PoP dalam meningkatkan produktivitas dan keterampilan guru dalam penulisan ilmiah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif melalui survey, observasi, dan wawancara. Partisipan dalam penelitian ini adalah 35 guru yang berasal dari berbagai jenjang pendidikan yang mengikuti pelatihan karya tulis ilmiah di Balai Diklat Keagamaan Ambon selama 6 hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi Mendeley dan PoP dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam menulis artikel dan manajemen referensi. Guru sudah dapat menyusun artikel ilmiah yang terdiri dari pendahuluan dan metode penelitian selama pelatihan berlangsung. Sebanyak 88% guru sudah mampu menggunakan Mendeley dan PoP yang dapat membantu penyusunan artikel mereka. Aplikasi PoP dapat membantu guru mengidentifikasi jurnal yang relevan dan berpengaruh di bidang pendidikan, sementara Mendeley memfasilitasi pengelolaan referensi. Penggunaan kedua aplikasi ini dapat mempermudah penulis dalam mencari referensi dan menyusun daftar pustaka. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Mendeley dan PoP dalam Pelatihan Karya Tulis Ilmiah dapat menjadi strategi efektif untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi ilmiah dikalangan pendidik.

Published
2024-09-02