Peran Widyaiswara dalam Menciptakan SDM Berdaya Saing Global melalui Experiential Learning untuk Meningkatkan Kesadaran Multikultural

  • Eny Usmawati BGPBanten
  • Cece Rakhmat UPI Bandung
  • Ahman UPI Bandung
Keywords: Model Experiential Learning, Kesadaran Multikultural, Suku Jawa Dan Cina

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran multikultural melalui model Experiential Learning pada siswa kelompok multikultur (suku Jawa dan Cina) di salah satu SMP NegeriĀ  yang ada di Parung Bogor. Metode penelitian experiential learning dengan stimulant film dengan menggunakan desain Within group or individual serta equivalent materials. Sedangkan instrumen pengumpulan data menggunakan Skala kesadaran multikultural. Uji statistik nonparametrik dan analisis data visual merupakan analisis data dalam penelitian ini untuk melihat perubahan kesadaran multikultural. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kesadaran multikultural siswa kelompok multikultur (suku Jawa dan Cina) di salah satu SMP Negeri yang ada di Parung Bogor menggunakan metode Experiental Learning. Model Experiential Learning efektif meningkatkan kesadaran multikultural siswa.

Published
2024-09-02