Persepsi Alumni Peserta Pelatihan Terhadap Kemudahan dan Manfaat Penggunaan Layanan Sistem Informasi Pelatihan "Si Pelamar " Bapelkes Mataram Tahun 2022

  • Arif Rahman Bapelkes Mataram
Keywords: Sistem Informasi Pelatihan, Kemudahan dan Manfaat, Peserta Pelatihan

Abstract

Pertengahan tahun 2022 Bapelkes Mataram mulai mengelola pelayanan informasi dengan membangun sistem informasi pelatihan berbasis website yang diberi nama  SIPELAMAR atau Sistem informasi pelatihan Bapelkes Mataram dengan tujuan agar peserta mengetahui apa saja jenis pelatihan yang ingin diikuti di Bapelkes Mataram. Laporan Bapelkes Mataram  tahun 2022, menyebutkan banyak pelatihan teknis, yang diselenggarakan tidak hanya dilaksanakan secara full daring, namun juga dengan metode blended seperti  pelatihan deteksi dini kanker payudara dan kanker serviks, pelatihan MTBS dan gibur dan lainnya. Sehingga, tujuan penelitian ini adalah mengetahui persepsi alumni peserta pelatihan terhadap kemudahan dan manfaat penggunaan layanan sistem informasi pelatihan "sipelamar " Bapelkes Mataram. Metode penelitian ini menggunakan metode pendekatan mixed methods atau metode penelitian campuran yang merupakan suatu langkah penelitian dengan menggabungkan dua bentuk pendekatan dalam penelitian, yaitu kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian  menunjukkan 58  responden menyatakan bahwa proses pelatihan menggunakan layanan "sipelamar” mudah dan bermanfaat. Sementara itu hasil kualitatif terkait persepsi peserta pelatihan tentang kemudahan dan manfaat ”sipelamar”  dapat dikategorikan dalam tiga hal, yaitu keandalan, daya tanggap serta Jaminan waktu. Sehingga disimpulkan bahwa penggunaan "sipelamar " Bapelkes Mataram mudah dilaksanakan.

Published
2024-09-13