Widyaiswara Moderat di Era Milenial
Abstract
Widyaiswara merupakan jabatan fungsional yang diberikan kepada pegawai negeri sipil dengan tugas mendidik, mengajar dan/atau melatih secara penuh pada unit pendidikan dan pelatihan dari instansi pemerintah. Tujuan dari artikel ini adalah untuk menjelaskan sikap Moderat Widyaiswara di Era Milenial. Sedangkan metode pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Selain itu, penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Sikap moderat yang dimiliki oleh Widyaiswara di era milenial telah mencerminkan pendekatan yang terbuka, inklusif, dan adaptif dalam proses pendidikan dan pelatihan sehingga para generasi milenial, baik yang mengikuti Pelatihan maupun dalam pergaulan sehari-hari lingkungan masyarakat dapat menunjukkan sikap toleransi, saling menghargai dan menghormati perbedaan. Sehingga tupoksi seorang widyaiswara, yang merupakan seorang pengajar atau instruktur di lembaga pendidikan dan pelatihan, sikap moderat dapat mencakup beberapa aspek, yaitu: a) Memiliki sikap Keterbukaan dengan bersedia untuk mendengarkan dan memahami sudut pandang serta kebutuhan individu dari berbagai latar belakang. Hal ini memungkinkan dialog yang terbuka dan konstruktif, serta mempromosikan pengalaman belajar yang berarti bagi semua peserta; b) Miliki sikap sadar akan Isu-isu Kontemporer, yaitu berusaha untuk memahami dan mengakomodasi isu-isu yang relevan dengan era milenial, seperti keberagaman, inklusivitas, keseimbangan kehidupan kerja dan kehidupan pribadi, serta kesadaran lingkungan. Hal ini memungkinkan penyampaian materi yang lebih relevan dan memotivasi bagi peserta; c) Memiliki sikap sebagai Pemimpin, menjadi teladan dalam perilaku dan sikap yang diinginkan, termasuk sikap terbuka, inklusif, dan toleran terhadap perbedaan. Ini dapat menginspirasi peserta didik untuk mengadopsi sikap yang sama dalam kehidupan mereka sehari-hari; dan, d) Memiliki kemampuan untuk menyesuaikan materi dan metode pengajaran sesuai dengan perkembangan teknologi dan tren saat ini. Ini bisa berarti mengintegrasikan teknologi informasi dan alat-alat digital dalam pembelajaran, serta mengikuti perkembangan terkini dalam bidang yang diajarkan