Optimalisasi Kinerja Dosen dan Universitas Melalui Program Project Based Learning: Upaya Meminimalisasi Academic Misconduct
Abstract
Berbagai kecurangan akademik muncul karena ketidakmampuan dosen dalam menyelesaikan tridarma perguruan tinggi. Salah satu tridarma yang dianggap sulit oleh dosen yaitu publikasi ilmiah di jurnal internasional. Publikasi artikel di jurnal internasional masih dianggap sulit oleh sebagian dosen, sehingga banyak yang melakukan tindakan tidak terpuji atau pelanggaran akademik (academic misconduct). Tujuan penulisan artikel ini untuk membahas bagaimana program MBKM dengan model Project Based Learning dapat mengoptimalisasi kinerja dosen dalam menyelesaikan tridarma di perguruan tinggi. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis kualitatif deskriptif dengan pendekatan penelitian tindakan lapangan. Sumber data dalam penelitian ini yaitu dosen, kurikulum yang digunakan di perguruan tinggi, dan luaran yang didapatkan. Penelitian ini menemukan bahwa kinerja dosen dalam publikasi ilmiah mengalami peningkatan secara signifikan di jurnal nasional dan internasional. Luaran yang dihasilkan oleh dosen berupa artikel di jurnal, artikel yang diseminasikan, dan artikel diprosidingkan. Hasil ini menunjukkan bahwa optimalisasi yang dilakukan melalui program project based learning sukses dalam mengatasi masalah tridarma di perguruan tinggi.