Faktor- Faktor Determinasi Keberlanjutan Proyek Perubahan Peserta Diklatpim Tingkat IV Pada Pemerintah Provinsi NTB
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keberlanjutan proyek perubahan pasca Diklatpim IV dalam jangka menengah dan jangka panjang, untuk mengetahui pengaruh dukungan anggaran, komitmen pimpinan dan dukungan stakeholder, sarana dan prasarana serta prestasi Diklat terhadap keberlanjutan proyek perubahan pada Diklatpim IV pada Pemerintah Provinsi NTB. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah gabungan antara metode kuantitatif dan metode kualitatif (Mixed Methods), dimana metode kuantitatif digunakan untuk melihat korelasi yang terjadi antara variabel terikat (Y) dan variabel bebas (X), sedangkan metode kualitatif digunakan dalam melakukan wawancara pada seluruh populasi sampel, yakni alumni Diklatpim IV Tahun 2018 sebanyak 35 orang. Analisis data menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda yakni model persamaan regresi, hasil hipotesis (hasil uji t) dan koefisien determinasi, sebelum data dianalisis maka dilakukan pengujian kualitas instrumen. Hasil penelitian menunjukkan 1) Jumlah alumni yang melanjutkan proyek perubahan dalam jangka menengah sebanyak 6 orang (17,1 %), jumlah alumni yang dapat melanjutkan proyek perubahan dalam jangka panjang sebanyak 4 orang (11,4 %), 2) Dukungan Anggaran berpengaruh 25,7 %; 3) Komitmen Pimpinan berpengaruh sebesar 21,9 %; 4) Dukungan Stakeholder terkait tidak berpengaruh signifikan sebesar 13,3 %; 5) Dukungan Sarana dan Prasarana berpengaruh signifikan sebesar 27,8 % dan 6) Prestasi Diklat tidak berpengaruh signifikan sebesar 1,6 %. Beberapa alasan proyek perubahan tidak dapat berlanjut disebabkan atara lain: tidak tersediannya anggaran, adanya mutasi jabatan alumni, adanya mutasi staf dari alumni, adanya kendala dalam penyelesaian administrasi serta adanya perubahan kebijakan didalam instansi dan diluar instansi alumni.
References
Aprioke, Y., Junus, A. & Tampongango, D. (2017). Pengaruh Fasilitas Kerja Terhadap Kinerja PNS Di Kantor Dinas Pendidikan Minahasa Tenggara. Jurnal Administrasi Publik, 3(46).
Emmy, S. (2015). Membangun Tim Efektif. Modul Bahan Ajar Diklat Kepemimpinan Tingkat III. Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia.
Erfandy, T. (2017). Pengaruh Hasil Diklat Kepemimpinan Tingkat III dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Aparatur Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat. KTI Orasi Widyaiswara.
Kuncoro, M. (2011). Metode Kuantitatif. Edisi Keempat. Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN, Yogyakarta.
Lembaga Administrasi Negara (LAN) Makassar. (2016). Kajian Sustainabilitas Inovasi Alumni Diklatpim III dan IV Pada Pemerintah Daerah. Pusat Kajian Dan Pendidikan Dan Pelatihan Aparatur II LAN Makassar.
Lembaga Administrasi Negara (LAN) Aceh Besar. (2017). Kajian Evaluasi Pasca Diklat Kepemimpinan Tingkat II, III dan IV. Pusat Kajian Dan Pendidikan Dan Pelatihan Aparatur IV, Lembaga Administrasi Negara, Aceh Besar.
Pradayu, M. & Syafrizal. (2017). Pengaruh Aktivitas Organisasi Terhadap Prestasi Belajar (Studi Kasus Pengurus BEM Universitas Riau Kabinet Inspirasi Periode 2016- 2017). JOM FISIP, 4(2).
Sarwono, J. (2011). Mixed Methods (Cara Menggabung Riset Kuantitatif dan Riset Kualitatif Secara Benar). Penerbit PT. Elex Media Komputindo. Kelompok Gramedia, Anggota IKAPI. ISBN : 978-602-00-0598-0.
Sentosa, J. & Iman. (2020). Efektivitas Implementasi Program Inovasi Peserta Pendidikan Dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat III Di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Sumatera Selatan. Jurnal Sumber Daya Aparatur, 1(2).
Shafira, B. (2016). Pengaruh Sarana Prasarana Terhadap Lingkungan Kerja Kementrian Kesehatan Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 557 Tahun 2014.
Suprapti, W. (2019). Modul Kepemimpinan Transformasional Pelatihan Kepemimpinan Administrator. Lembaga Administrasi Negara Edisi Tahun 2019 Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia.
Supriyono. (1987). Akuntansi Manajemen I: Konsep Dasar Akuntansi Manajemen Dan Proses Perencanaan. Yogyakarta : BPEF.
Suzana, R. (2016). Evaluasi Sistem Diklat (Modul Diklat Kewidyaiswaraan Berjenjang Tingkat Tinggi) Pusat Pembinaan Widyaiswara Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia.
Widarjono, A. (2010). Analisis Statistik Multivariat Terapan. Cetakan Pertama. Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN, Yogyakarta.
Widoyoko, E. P. (2017). Evaluasi Program Pelatihan. Cetakan I, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.
Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 Tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil.
Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2017 Tentang Inovasi Daerah.
Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara Nomor 20 Tahun 2015 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV
Copyright (c) 2021 Jurnal Widyaiswara Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan naskahnya pada jurnal ini setuju dengan beberapa hal berikut ini:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama pada jurnal ini dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan memberikan pengakuan kepengarangan publikasi awal pada jurnal ini.
- Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan mencatumkan sumber publikasi awal pada jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman naskah pada jurnal ini, karena hal itu dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.