Kualitas Layanan Widyaiswara dan Kepuasan Peserta Pelatihan di BPSDMD Provinsi Sulawesi Tengah

  • Yuli Trisnaningsih BPSDMD Provinsi Sulawesi Tengah
Keywords: Kualitas layanan, kepuasan, latihan, widyaiswara

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan Widyaiswara terhadap kepuasan peserta pelatihan di BPSDMD Provinsi Sulawesi Tengah dan mengetahui dimensi kualitas pelayanan yang paling berpengaruh terhadapan kepuasan peserta pelatihan. Penelitian melibatkan 210 responden yang merupakan peserta Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat III,  Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV dan Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil tahun 2019  sedangkan pengolahan data dilakukan pada tahun 2020. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed method. Teknik penyampelan purporsive sampling, dengan metode sequential explanatory. Teknik analisis data dengan uji regresi linier berganda menggunakan bantuan Software Statistical Package for Social Science (SPSS) 23.  Hasil penelitian menunjukan bahwa Widyaiswara secara keseluruhan (simultan) memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan peserta pelatihan, yaitu sebesar 60,1%, sedangkan pengaruh secara parsial masing-masing dimensi yaitu Tangible sebesar 33,5%,  Reliability sebesar 28%,  Responsiveness sebesar 28,9%, Assurance sebesar 16,3%, dan Emphaty sebesar 42,8%. Dimensi kualitas pelayanan yang paling dominan terhadap kepuasan pesera pelatihan adalah Emphaty sebesar 42,8%

Published
2021-06-21
How to Cite
Trisnaningsih, Y. (2021). Kualitas Layanan Widyaiswara dan Kepuasan Peserta Pelatihan di BPSDMD Provinsi Sulawesi Tengah. Jurnal Widyaiswara Indonesia , 2(2), 71-84. Retrieved from http://ejournal.iwi.or.id/ojs/index.php/iwi/article/view/82
Section
Artikel Orasi Ilmiah