Evaluasi Reaksi Peserta Pelatihan Teknis pada Balai Pengembangan Kompetensi PUPR Wilayah III Jakarta

  • Parlin Tambunan Balai Pengembangan Kompetensi PUPR Wilayah III Jakarta
  • Abbima Indra Nurcahya Balai Pengembangan Kompetensi PUPR Wilayah III Jakarta
  • Kristo Putranto Balai Pengembangan Kompetensi PUPR Wilayah III Jakarta
  • Muhammad Rizky Illahi Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Evaluasi, komponen reaksi, model Krikpatrick

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis reaksi peserta pada penyelenggaraan pelatihan teknis di Balai Pengembangan Kompetensi PUPR Wilayah III Jakarta, mulai bulan Januari sampai dengan Desember 2022. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan model evaluasi Kirkpatrick. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner data yang diinput ke sibangkoman. Hasil penelitian menunjukkan evaluasi pengajar dan evaluasi manajemen pada penyelenggaraan pelatihan Balai Pengembangan Kompetensi PUPR Wilayah III Jakarta sudah Tinggi atau Baik tetapi masih perlu ditingkatkan untuk kedua aspek tersebut karena belum mencapai kategori Sangat Baik. Pada aspek materi pelatihan dan penyelenggaraan pelatihan masih dalam kategori Tinggi atau Baik. Kepuasan peserta pelatihan menjadi penting dalam menentukan keberhasilan penyelenggaraan pelatihan karena peserta akan termotivasi apabila proses pelatihan berjalan sangat memuaskan yang pada akhirnya akan memunculkan reaksi dari peserta yang menyenangkan. Sebaliknya, apabila peserta tidak merasa puas terhadap proses pelatihan yang diikutinya maka peserta tidak akan termotivasi untuk mengikuti kegiatan pelatihan lebih lanjut.

The purpose of this study was to analyze the participants' reactions to the implementation of Technical Training at the PUPR Competency Development Center Region III Jakarta, from January to December 2022. The method used in this research is a quantitative descriptive method using the Kirkpatrick evaluation model. Data collection was carried out using a data questionnaire which was inputted to Sibangkoman. The results showed that the Teacher Evaluation and Management Evaluation in the implementation of the PUPR Competency Development Center Region III Jakarta training were High or Good but still needed to be improved for these two aspects because they had not yet reached the Very Good category. In the aspect of training material and training implementation it is still in the High or Good category. The satisfaction of the training participants is important in determining the success of the training because the participants will be motivated if the training process runs very satisfactorily which in the end will elicit pleasant reactions from the participants. Conversely, if the participants are not satisfied with the training process they are participating in, then the participants will not be motivated to take part in further training activities.

References

Asyari, H., Rusman N, T., & Riyana, A. 2020. Evaluasi Program Pelatihan Guru di Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Kementerian Agama Republik Indonesia. Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 4(1), 67. https://doi.org/10.29240/jsmp.v4i1.1441

Damanik, M. P., Cahyo Nugroho, A., Mahmudah, D., & Hakiki Purwaningsih, E. 2020. Evaluasi Program Pengembangan Sumber Daya Manusia (Studi Pada Program Pelatihan di BPSDMP Kominfo Jakarta). Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 24(9), 187–201.

Kirkpatrick, D. L., & Kirkpatrick, J. D. 2009. Evaluating Training Programs (3rd ed.). Evaluating Training Programs.

Kristiyanti, M. 2023). Metode Penelitian (D. Abimanto, Ed.; 1st ed.). Semarang: CV. Pustaka STIMART AMNI Semarang.

Liliana, C., & Dwikurnaningsih, Y. 2020. Evaluasi Program Pendidikan dan Pelatihan Kewirausahaan. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5, 870–879. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/.

Mukhlison Effendi. 2021. Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Citra Lembaga di Lembaga Pendidikan Islam. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 2(1), 39–51. https://doi.org/10.21154/sajiem.v2i1.40.

Musringudin, A. Ghani, Abd. R., & Priyono, D. 2022. Modul Pembelajaran Evaluasi Program Pendidikan (R. R. Rerung, Ed.). Bandung: Media Sains Indonesia.

Padillah, N. 2024. Laporan Akhir Magang & Studi Independen Bersertifikat Network Engineer Magang di Balai Pengembangan Kompetensi PUPR Wilayah II Palembang.

Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, K. 2020. Laporan Kinerja Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat 2019.

Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, K. 2024. Laporan Kinerja Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia 2023.

Peraturan Lembaga Administrasi Negera Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2019 tentang Pelatihan Penyelenggara Pelatihan.

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakat Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2022 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 13 Tahun 2020 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakat Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2020 Perubahan Atas Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 16 Tahun 2020 tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 06/PRT/M/2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Pekerjaan Umum.

Peraturan Menteri PUPR Nomor 13 Tahun 2020 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

P.Munthe, A. 2015. Pentingya Evaluasi Program di Institusi Pendidikan. Scholaria, 5, 1–14.

Purnia, D. S., Muhajir, H., Adiwisastra, M. F., & Supriadi, D. 2020. Pengukuran Kesenjangan Digital Menggunakan Metode Deskriptif Berbasis Website. Jurnal Sains dan Manajemen, 8(2), 79–92.

Ramadhon, S. 2019. Penerapan Model Empat Level Kirkpatrick dalam Evaluasi Program Pendidikan dan Pelatihan Aparatur di Pusdiklat MIGAS. Forum Diklat, 6, 43–54.

Ritonga, R., Saepudin, A., & Wahyudin, U. 2019. Penerapan Model Evaluasi Kirkpatrick Empat Level Dalam Mengevaluasi Program Diklat di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang. Jurnal Pendidikan Nonformal (Vol. 14, Issue 1).

Shodiq, M. 2021. Evaluasi Reaksi dan Pengetahuan Peserta Terhadap Mata Pelatihan Etika Publik. Manajerial : Jurnal Inovasi Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 1, 25–32.

Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Yasmin, S. I. M., Afandi, M. R., Rahmayanti, A., & Anshori, M. I. 2024. Literature Review: Pengembangan Karir yang Efektif di Era 4.0. Journal Management and Creative Business (JMCBUS), 2 No.3, 1–17.

Published
2025-02-21
How to Cite
Tambunan, P., Nurcahya , A. I., Putranto , K., & Muhammad Rizky Illahi. (2025). Evaluasi Reaksi Peserta Pelatihan Teknis pada Balai Pengembangan Kompetensi PUPR Wilayah III Jakarta. Jurnal Widyaiswara Indonesia , 5(02), 49-58. https://doi.org/10.56259/jwi.v5i02.323
Section
Artikel Riset (Research Paper)