Desain Pelatihan Dasar Manajemen Penanggulangan Bencana Berbasis E-Learning bagi Aparatur Kebencanaan di Sumatera Barat

  • Eliyusman bpsdm provinsi sumatera barat
Keywords: Case-based training, desain pelatihan, e-learning, manajemen penanggulangan bencana

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah bertujuan untuk mendesain pelatihan pendidikan dasar manajemen penanggulangan bencana bagi aparatur kebencanaan berbasis e-learning dengan metode case based learning di Provinsi Sumatera Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik eksplorasi. Dalam penelitian ini terdiri dari sembilan pertanyaan melalui wawancara dengan 15 narasumber yang terdiri dari Lima Instansi Pemerintah Daerah yang terkait dengan tugas pokok dan fungsinya sebagai pelaku kebencanaan antara lain BPSDM Provinsi Sumatera Barat, BPBD Provinsi Sumatera Barat, Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat, Dinas SDA-BK Provinsi Sumatera Barat dan BPBD Kota Padang. Kelompok melaksanakan tugas yang diberikan oleh peneliti yaitu memecahkan masalah banjir di Kota Padang dari tahap survey, penanganan banjir dan paska banjir dengan diskusi antar sesama anggota kelompok. Selama proses diskusi kelompok, penulis mengamati interaksi antar anggota dan bila perlu, penulis memberi sentuhan/pengarahan/koreksi/pertanyaan agar diskusi kelompok mencapai sasaran. Kemudian secara bergiliran masing-masing kelompok memberikan pengalaman pelaksanaan penanggulangan bencana banjir (hasil diskusi) di depan aplikasi e-learning, dan memberi kesempatan pada kelompok lain untuk bertanya. Forum tanya jawab ini dilakukan untuk membiasakan peserta pelatihan agar cepat merespon segala permasalahan yang ada disekelilingnya. Kelebihan pada tahapan ini adalah peserta pelatihan lebih antusias dan semangat dalam mengikuti proses pelatihan, tercipta kerja sama antar peserta pada setiap kelompoknya, suasana pembelajaran lebih hidup, dan peserta pelatihan tidak merasa jenuh selama proses pelatihan berlangsung, serta yang lebih utama dari tahapan ini adalah peserta pelatihan dapat terbiasa untuk berpikir secara kritis dan kreatif. Pelatihan dengan metode terbaru harus didukung semua pihak yang berkepentingan terhadap pengembangan pelatihan kebencanaan agar dapat mewujudkan masyarakat yang sadar akan dampak bencana dan bisa menanggulanginya secara cepat, tepat dan akurat.

References

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosuder Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Asteria Donna (2016) Optimalisasi Komunikasi Bencana Di Media Massa Sebagai Pendukung Manajemen Bencana Jurnal Komunikasi. Pp 01 1-11

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). 2020. Indeks Risiko Bencana Indonesia (IRBI) Tahun 2020. Sentul, Jawa Barat: Direktorat Pengurangan Risiko Bencana Deputi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan.

Bankoff, D. Frerks, Hilhorst (eds). (2003). Mapping Vulnerability: Disasters, Development & People. New York: Routledge

BNPB. Menuju Indonesia Tangguh Menghadapi Tsunami. Jakarta: Badan Nasional Penanggulangan Bencana; 2012.

Depkes RI. 2020. Kepmenkes RI Nomor: Hk.01.07/Menkes/104/2020 Tentang Sebagai Penyakit Yang Dapat Menimbulkan Wabah dan Upaya Penanggulangannya. Jakarta 2020.

D. H. Jonassen dan J. Hernandez-Serrano, “Case-based reasoning and instructional design: using stories to support problem solving”, ETR & D, Vol. 50, No. 2, pp. 65-77, 2002.

Gabriele Piccoli. 2001. Web-Based Virtual Learning Environments: A Research Framework And A Preliminary Assessment of Effectiveness in Basic IT Skills Training. MIS Quarterly, 2001, Vol. 25, No. 4, 401-426.

Harun Muhamad (2020) Evaluasi Kualitas Perangkat Lunak Pada Aplikasi Zoom Cloud Meetings Untuk Pembelajaran Elearning, Jurnal Akrab Juara, Volume 5 Nomor 3 Edisi Agustus 2020 (102-112)/

Hwlmy, Z. & Jamil, A. S. Restrukturisasi Sistem Pelatihan Kepemimpinan dalam Membentuk Calon Pemimpin Masa Depan: Pendekatan Studi Literatur. AgriHumanis: Journal of Agriculture and Human Resource Development Studies, 1(1).

Khasan,Bisri,Samsudi (2009) Efektifitas Penggunaan Metode Pembelajaran Elearning Berbasis Browser Based Training Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Kompetensi Pemeliharaan/Servis Transmisi Manual Dan Komponen, Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, Vol 9, No 1 (2009)

Kristian Ismail. (2010). Perencanaan Virtual ± Lab untuk Layanan E-learning di Daerah Pedesaan. Bandung. TELIMEK - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia,STEI - Institute Teknologi Bandung.

McEntire, D. . (2001). Triggering Agents, Vulnerabilities and Disaster Reduction: Towards a Holistic Paradigm. Disaster Prevention and Management

Muhammad, S., 2014. Efektivitas Pembelajaran Media E-Learning Berbasis Web Dan Konvensional Terhadap Tingkat Keberhasilan Belajar Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Bina Darma Palembang). SNASTIKOM 2014.

Muthmainnah, S., & Pitoyo, A. (2019, October. Upaya peningkatan pemahaman mahasiswa terhadap implementasi metode student-centered learning, cooperative learning, case-based learning pada perkuliahan akutansi perilaku. In Seminar Nasional Ilmu Terapan (SNITER) (Vol. 1, No. 1,pp. E10-E10). Newby, T. J., Stepich, D, A., Lehman, J. D.,Russell, J. D., Letfwich, A. O. (2011). Educational technology for teaching and learning. Boston: Pearson.

Puspita, Rani. (2008). Sistem Informasi Aplikasi Virtual Lab Pada Laboratorium Sistem Informasi Universitas Gunadarma. Proceeding, Makalah Seminar Ilmiah Nasional Komputer dan Sistem Intelijen (KOMMIT 2008) Auditorium Universitas Gunadarma, Depok, 20-21 Agustus 2008.ISSN : 1411-6286.

Prasetyo Wijar (2019) Literature Review: Kesadaran Dan Kesiapan Dalam Manajemen Bencana (A Literature Review: Awareness and Disaster Risk Management Preparedness) Jurnal Ners LENTERA, Vol. 7, No. 2, September 2019

Siaga.bnpb.go.id/hkb/pocontent/uploads/documents/buku_panduan_latihan_kesiapsiagaan_bencana_revisi_april_2017.pdf.

Suci, Y. T. & Jamil, A. S. (2019). Hubungan Tingkat Kepuasan Pelayanan dengan Keberhasilan Peserta Pelatihan Teknis bagi Penyuluh Pertanian. Jurnal Hexagro, 3(2).

Sugiyono.(2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Wospakrik Frengki 2020. Pengaruh penerapan metode pembelajaran case based learning terhadap motivasi dan hasil belajar mahasiswa The effect of implementation of learning method of case based learning on motivation and learning outcomes of student, Journal Health of Studies, Vol 4, No.1 Maret 2020, ISSN 2549-3353 pp. 30-37

Published
2022-03-30
How to Cite
Eliyusman. (2022). Desain Pelatihan Dasar Manajemen Penanggulangan Bencana Berbasis E-Learning bagi Aparatur Kebencanaan di Sumatera Barat. Jurnal Widyaiswara Indonesia , 3(1), 23-30. Retrieved from http://ejournal.iwi.or.id/ojs/index.php/iwi/article/view/131
Section
Artikel Orasi Ilmiah