Program Pendidikan Guru Penggerak, Efektifkah?: Sebuah Ulasan pada Kerangka Pengembangan Profesional Guru
Abstract
Pengembangan professional guru atau pada literatur dikenal dengan teacher professional development (TPD) merupakan elemen penting bagi peningkatan kualitas pendidikan di sebuah negara. Kebijakan pendidikan seringkali tumpang tindih dengan kebijakan pengembangan professional guru yang membuatnya tidak efektif. Penelitian worldbank terbaru menunjukkan bahwa guru di negara dengan pendapatan rendah-menengah memiliki permasalahan dengan kerampilan pedagogis guru di kelas. Di Indonesia, kualitas guru juga dianggap masih rendah dan pemerintah dinilai gagal melakukan reformasi terhadap peningkatan kualitas guru karena kendala sistemik pada program TPD yang cenderung hanya berganti istilah di setiap periode kebijakan. Artikel ini bertujuan mengulas Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP) yang merupakan kebijakan baru program TPD di era Nadiem Makariem yang bertemakan Merdeka Belajar. Reviu dilakukan menggunakan kerangka TPD yang efektif Desimone (2009) dan Darling-Hammond (2017) sebagai rujukan. Hasilnya menunjukkan bahwa rancangan PGP memenuhi fitur inti terkait fokus utama tentang kepemimpinan murid sebagai terjemahan profil pelajar Pancasila, memberi ruang guru untuk mengaitkannya dengan pembelajaran di kelas (active learning), koheren dengan kebijakan lain sebagai bentuk insentif bagi guru, durasi yang panjang, dan menunjukkan upaya mewujudkan komunitas praktisi yang mendukung keberhasilan sekolah (collective Participation). PGP menunjukkan keterhubungan yang memadai. Guru memiliki kesadaran yang baik terhadap pentingnya TPD bagi peningkatan kualitas dirinya. Rancangan PGP berupaya melakukan perubahan mendasar terkait paradigma pembelajaran yaitu berpihak pada murid dan mewujudkan kepemimpinan murid. Penerapan project aksi nyata didampingi oleh pengajar praktik di kelas/sekolah dan dikuatkan melalui pertemuan dengan sesama peserta dan stakeholder pada lokakarya. Upaya mewujudkan pembelajaran yang berpihak pada murid dan kepemimpinan pada murid akan menjadi jawaban bagaimana program pengembangan professional guru efektif memberikan dampak bagi pembelajaran murid di kelas/sekolah.
References
Bates, C. C., & Morgan, D. N. (2018). Seven Elements of Effective Professional Development. Reading Teacher, 71(5), 623–626. https://doi.org/10.1002/trtr.1674
Bautista, A., & Ortega-Ruiz, R. (2015). Teacher Professional Development: International Perspectives and Approaches. Psychology, Society and Education, 7(3), 240–251.
Bjekić, D., Krneta, R., & Milošević, D. (2010). Teacher education from e-learner to E-teacher: Master curriculum. Turkish Online Journal of Educational Technology, 9(1), 202–212.
Borko, H. (2004). Professional Development and Teacher Learning: Mapping the Terrain. Educational Researcher, 8(November 2004), 3–15. https://doi.org/10.3102/0013189x033008003
Cho, M. H., & Rathbun, G. (2013). Implementing teacher-centred online teacher professional development (oTPD) programme in higher education: A case study. Innovations in Education and Teaching International, 50(2), 144–156. https://doi.org/10.1080/14703297.2012.760868
Darling-hammond, L., Hyler, M. E., & Gardner, M. (2017). E ff ective Teacher Professional Development. June.
DeMonte, J. (2013). High-Quality Professional Development for Teachers. Supporting Teacher Training To Improve Student Learning, July, 12. papers3://publication/uuid/3692893C-3659-465F-A54C-CC76945E72CC
Dit.KSPSTK. (2021). Buku Pegangan Lokakarya untuk Pengajar Praktik.
Fischer, C., Fishman, B., Dede, C., Eisenkraft, A., Frumin, K., Foster, B., Lawrenz, F., Levy, A. J., & McCoy, A. (2018). Investigating relationships between school context, teacher professional development, teaching practices, and student achievement in response to a nationwide science reform. Teaching and Teacher Education, 72, 107–121. https://doi.org/10.1016/j.tate.2018.02.011
Guskey, T. R. (2002). Professional development and teacher change. In Teachers and Teaching: Theory and Practice (Vol. 8, Issue 3, pp. 381–391). https://doi.org/10.1080/135406002100000512
Heller, J. I., Daehler, K. R., Wong, N., Shinohara, M., & Miratrix, L. W. (2012). Differential effects of three professional development models on teacher knowledge and student achievement in elementary science. Journal of Research in Science Teaching, 49(3), 333–362. https://doi.org/10.1002/tea.21004
Ho, V. T., Nakamori, Y., Ho, T. B., & Lim, C. P. (2016). Blended learning model on hands-on approach for in-service secondary school teachers: Combination of E-learning and face-to-face discussion. Education and Information Technologies, 21(1), 185–208. https://doi.org/10.1007/s10639-014-9315-y
Imants, J., & Van der Wal, M. M. (2020). A model of teacher agency in professional development and school reform. Journal of Curriculum Studies, 52(1), 1–14. https://doi.org/10.1080/00220272.2019.1604809
Johnson, W. W. (2014). Why Professional Development Matters. Journal of Contemporary Criminal Justice, 30(4), 360–361. https://doi.org/10.1177/1043986214541602
Kang, H. S., Cha, J., & Ha, B.-W. (2013). What Should We Consider in Teachers’ Professional Development Impact Studies? Based on the Conceptual Framework of Desimone. Creative Education, 04(04), 11–18. https://doi.org/10.4236/ce.2013.44a003
Kunter, M., Klusmann, U., Baumert, J., Richter, D., Voss, T., & Hachfeld, A. (2013). Professional competence of teachers: Effects on instructional quality and student development. Journal of Educational Psychology, 105(3), 805–820. https://doi.org/10.1037/a0032583
Lemoff, A. S., Bush, M. F., & Williams, E. R. (2005). Structures of cationized proline analogues: Evidence for the zwitterionic form. Journal of Physical Chemistry A, 109(9), 1903–1910. https://doi.org/10.1021/jp0466800
Lockee, B. B. (2021). Shifting digital, shifting context: (re)considering teacher professional development for online and blended learning in the COVID-19 era. Educational Technology Research and Development, 69(1), 17–20. https://doi.org/10.1007/s11423-020-09836-8
Martin, L. E., Kragler, S., & Frazier, D. (2017). Professional Development and Educational Policy: A Comparison of Two Fields in Education. Journal of Educational Research and Practice, 7(1), 60–73. https://doi.org/10.5590/jerap.2017.07.1.05
McChesney, K., & Aldridge, J. M. (2021). What gets in the way? A new conceptual model for the trajectory from teacher professional development to impact. Professional Development in Education, 47(5), 834–852. https://doi.org/10.1080/19415257.2019.1667412
Parsons, S. A., Hutchison, A. C., Hall, L. A., Parsons, A. W., Ives, S. T., & Leggett, A. B. (2019). U.S. teachers’ perceptions of online professional development. Teaching and Teacher Education, 82, 33–42. https://doi.org/10.1016/j.tate.2019.03.006
Popova, A., Evans, D. K., Breeding, M. E., & Arancibia, V. (2022). Teacher Professional Development around the World: The Gap between Evidence and Practice. The World Bank Research Observer, 37(1), 107–136. https://doi.org/10.1093/wbro/lkab006
Postholm, M. B. (2018). Teacher’s professional development in school : A refiew study. Cogent Education, 0813(April), 1–11. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1080/2331186X.2018.1522781
Revina, S., Pramana, R. P., Fillaili, R., & Suryadarma, D. (2020). Sytematic Constraints Facing Teacher Professional Development in a Middle-Income Country: Indonesia’s Experience Over Four Decades. RISE Working Paper Series. 20/054, October, 1–35.
Sims, S., & Fletcher-Wood, H. (2021). Identifying the characteristics of effective teacher professional development: a critical review. School Effectiveness and School Improvement, 32(1), 47–63. https://doi.org/10.1080/09243453.2020.1772841
Tan, A.-L., Chang, C.-H., & Teng, P. (2015). Tensions and Dilemmas in Teacher Professional Development. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 174, 1583–1591. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.808
Tondeur, J., van Braak, J., Ertmer, P. A., & Ottenbreit-Leftwich, A. (2016). Understanding the relationship between teachers pedagogical beliefs and technology use in education: a systematic review of qualitative evidence. Educational Technology Research and Development, 1–21. https://doi.org/10.1007/s11423-016-9481-2
Widodo, A., & Riandi. (2013). Dual-mode teacher professional development: challenges and re-visioning future TPD in Indonesia. Teacher Development, 17(3), 380–392. https://doi.org/10.1080/13664530.2013.813757
Copyright (c) 2023 Jurnal Widyaiswara Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan naskahnya pada jurnal ini setuju dengan beberapa hal berikut ini:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama pada jurnal ini dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan memberikan pengakuan kepengarangan publikasi awal pada jurnal ini.
- Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan mencatumkan sumber publikasi awal pada jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman naskah pada jurnal ini, karena hal itu dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.




