Efektivitas Coaching Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Secara Dalam Jaringan (Daring) di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Riau
Abstract
Meningkatkan kompetensi kepemimpinan bagi pejabat manajerial dengan coaching menjadi salah satu metode atau cara yang mutlak dan dapat diandalkan untuk meningkatkan kompetensi manajerial peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) pasca pelatihan dalam menyusun inovasi perencanaan dan manajemen aksi perubahan di unit kerja. Coaching PKA di BPSDM Provinsi Riau angkatan III dan IV diketahui diselenggarakan secara daring/online memanfaatkan media Whatsapp dan Zoom karena bertepatan dengan kondisi pandemi yang tentunya dirasakan juga plus minusnya, untuk itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas coaching PKA yang telah diselenggarakan. Metode penelitian ini berjenis kualitatif dengan menggunakan rancangan kuasi eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada seluruh peserta PKA dari berbagai unit kerja dan kemudian dianalisis secara logiko-induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa coaching ini memiliki kelebihan yaitu kompetensi coach memumpuni dan berpengalaman karena komunikatif, gold explainer, menguasai materi, serta dapat menyeimbangkan kesesuaian antara teori dan praktik. Coaching tidak membosankan, dapat memotivasi peserta, dan fleksibel karena tidak terikat dengan waktu dan tempat. Kekurangan coaching adalah bimbingan yang dilakukan coach itu-itu saja, terkesan monoton dan tidak bervariasi. Padatnya jadwal sehingga waktu pendampingan terbatas, adanya coach yang terkesan tidak menerima umpan balik, dan peserta merasa lelah karena terlalu lama tatap muka dengan Zoom. Rekomendasi penelitian ini menurut peserta adalah perlu menggunakan cara-cara baru dalam coaching, antara teori dan praktik disamakan porsi pembelajaran nya, coach harus sabar membimbing dan mau menerima umpan balik, memperbanyak referensi, hingga jadwal bimbingan perlu disesuaikan dengan kesibukan peserta masing-masing.
References
Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2014). Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Asrul, Ananda, R., & Rosnita. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Medan: Citapustaka Media.
Astuti, C. C., Sari, H. M. K., & Azizah, N. L. (2018). Perbandingan Efektifitas Proses Pembelajaran Menggunakan Metode E-Learning dan Konvensional. Proceedings of The ICECRS, 2(1), 35–40. https://doi.org/10.21070/picecrs.v2i1.2395
Bozer, G., & Jones, R. J. (2018). Understanding The Factors That Determine Workplace Coaching Effectiveness: a Systematic Literature Review. European Journal of Work and Organizational Psychology, 27(3), 342–361. https://doi.org/10.1080/1359432X.2018.1446946
Dahdal, S. (2020). Using the WhatsApp Social Media Application for Active Learning. Journal of Educational Technology Systems, 49(2), 239–249. https://doi.org/10.1177/0047239520928307
Dewi, I. C. (2019). Pengaruh Sistem Pendampingan (Coaching) Widyaiswara Terhada Kepuasan Peserta Diklat Kepemimpinan di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Jawa Barat. Universitas Pendidikan Indonesia.
Downey, M. (2003). Effective Coaching: Lessons from the Coaches’ Coach. New York: Texere.
Emir. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif (11 ed.). PT RajaGrafindo Persada.
Games, D. (2021). The Effectiveness of Mentoring and Coaching in Teaching Business Planning. Proceedings of the 3rd International Conference on Educational Development and Quality Assurance (ICED-QA 2020), 506, 1–5. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210202.001
Gunawan. (2020). Strategi Widyaiswara Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator. Jurnal Kajian Gender Dan Anak, 4(1), 1–10.
Hamzah. (2017). Kompetensi Widyaiswara Dan Kualitas Diklat. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 1(2), 111–118. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v1i2.4865
Hayati, N., & Yulianto, E. (2021). Efektivitas Pelatihan Dalam Meningkatkan Kompetensi Sumber Daya Manusia. Journal Civics & Social Studies, 5(1), 98–115. https://doi.org/10.31980/civicos.v5i1.958
Idrus, S. I. (2019). Pengaruh Pelatihan dan Motivasi Terhadap Kompetensi Manajerial Pegawai Negeri Sipil Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia. Jurnal Mirai Managemnt, 5(1), 1–26. Retrieved from https://www.journal.stieamkop.ac.id/index.php/mirai/article/view/702/410
Jensen, L. X., Bearman, M., & Boud, D. (2021). Understanding Feedback in Online Learning – A Critical Review and Metaphor Analysis. Computers and Education, 173(July), 104271. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104271
Juliarini, A. (2020). Diskusi Buzz Group Dan Window Shopping Dalam Persepsi Peserta Pembelajaran, Mana Yang Lebih Menarik? Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 133–139.
Jumas, D., Ariani, V., & Asrini. (2021). Analisis Hubungan Efektifitas Pelatihan Kompetensi Tenaga Kerja Konstruksi Terhadap Level Kirkpatrick. Rang Teknik Journal, 4(1), 89–95.
Kaswan. (2012). Coaching dan Mentoring, Untuk Pengembangan SDM dan Peningkatan Kinerja Organisasi. Bandung: Alfabeta.
Killion, J., & Harrison, C. (2017). Taking the Lead: New Roles for Teachers and School-Based Coaches, 2nd Edition. Oxford: Learning Forward.
Killion, J., Harrison, C., Bryan, C., & Clifton, H. (2012). Coaching Matters. Oxford: Learning Forward.
Ma, L., & Lee, C. S. (2021). Evaluating the Effectiveness of Blended Learning Using the ARCS Model. Journal of Computer Assisted Learning, 37(5), 1397–1408. https://doi.org/10.1111/jcal.12579
Mertler, C. A. (2019). Action Research: Improving Schools and Empowering Educators (6th Ed.). California: SAGE Publications.
Moleong, L. J. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Munasiah. (2021). Efektivitas Pemanfaatan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Educatio, 7(3), 1163–1169. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1255
Nazifah, L. (2021). Pengaruh Coaching dan Mentoring Terhadap Kualifikasi Kelulusan Pelatihan Dasar CPNS Guru SD. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, V(1), 17–27.
Nurhayat, D. (2016). Evaluasi Dan Pengembangan Model Coaching Dalam Peningkatan Kompetensi Kepemimpinan Pada Pendidikan Dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat II Di Pusat Kajian Dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur I Lembaga Administrasi Negara. Jurnal Wacana Kinerja: Kajian Praktis-Akademis Kinerja Dan Administrasi Pelayanan Publik, 19(1), 89–120.
Nurlia, N. (2021). Kajian Empiris Peran Pembimbing Sebagai Coach, Mentor Dan Konselor Untuk Meningkatkan Kompetensi Peserta dalam Menyusun dan Melaksanakan Aktualisasi (Studi Kasus Pada Pelatihan Dasar CPNS Di BPSDM Aceh). Jurnal Wacana Kinerja: Kajian Praktis-Akademis Kinerja Dan Administrasi Pelayanan Publik, 24(2), 38–60. https://doi.org/10.31845/jwk.v24i2.699
Patton, M. Q. (2015). Qualitative Research & Evaluation Methods : Integrating Theory and Practice (4th ed). California: SAGE Publications.
Rohmah, A. F., Sudana, I. M., & Prihatin, T. (2020). The Implementation of Coaching and Mentoring on Basic Training For Civil Servant Candidates (CPNS) in Religious Education and Training Center Semarang. Educational Management, 9(1), 101–109. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eduman
Rostiawati, E. (2020). Efektifitas Manajemen Kepemimpinan Dalam Menciptakan Good Governance. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 04(01), 59–69. Retrieved from https://leaderia.iain-jember.ac.id/index.php/ldr/article/view/1/1
Safiri, R. B. (2021). Membangun Motivasi Peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Melalui Pembimbingan Memanfaatkan Teknologi Informasi Dan Informasi (TIK). EDUCATIONAL : Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran, 1(1), 84–91. https://doi.org/10.51878/educational.v1i1.61
Setiawati, S. (2017). Leadership Coaching : Strategi Baru Membangunkan Profesionalisme Pemimpin Perubahan. Malang: MNC (Media Nusa Creative).
Suharsono, A. (2021). Implementasi Pelatihan Kepemimpinan Administrator secara Jarak Jauh di Lingkungan Kementerian Keuangan. Jurnal Kebijakan Pembangunan, 16(1), 67–75. https://doi.org/10.47441/jkp.v16i1.150
Supinah. (2020). Fasilitator Keren Dengan Pilihan Metode Dan Teknik Pembelajaran Pada Pelatihan Bagi Generasi Milenial. Jurnal Kewidyaiswaraan, 5(2), 26–38.
Copyright (c) 2022 Jurnal Widyaiswara Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan naskahnya pada jurnal ini setuju dengan beberapa hal berikut ini:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama pada jurnal ini dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan memberikan pengakuan kepengarangan publikasi awal pada jurnal ini.
- Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan mencatumkan sumber publikasi awal pada jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman naskah pada jurnal ini, karena hal itu dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.