Efktivitas Penerapan Pendidikan dan Pelatihan Teknis Melalui Pola Satu Pintu pada BPSDM Provinsi Papua

  • Blasius Waluyo Sejati
Keywords: Kualitas kerja, pendidikan dan pelatihan, satu pintu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif Penerapan Pendidikan Dan Pelatihan pola satu pintu pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Provinsi Papua. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, dimana peneliti adalah sebagai instrument kunci, pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purpose. Peneliti melakukan ekplorisasi mengenai faktor apa saja yang menyebabkan efektivitas penerapan pendidikan dan pelatihan pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Papua. Teknik pengumpulan dan analisis data dilakukan dengan telaah dokumen dan didukung dengan dokumen yang terkait, dilakukan secara interatif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas. Teknik analisis data meliputi data reduction, data display dan data conclusion drawing/verification. Hasil analisis disimpulkan bahwa pelaksanaan pendidikan dan pelatihan pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Papua Selama ini dilihat dari segi pencapaian tujuan,Integrasi dan adaptasi belum sepenuhnya dikatakan efektif karena berbagi permaslahan yang dihadapi oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Papua, oleh karena itu, guna menjawab berbagi permasalahan dalam mengefektivkan penerapan pendidikan dan pelatihan pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Papua menurut pendapat penulis ditemukan bahwa diperlukan penerapan pola baru berupa kebijakan Pendidikan dan Pelatihan Satu Pintu.Oleh karena itu, peneliti merekomendasikan kepada Pemerintah Provinsi Papua agar menerapkan pendidikan dan pelatihan tersebut dengan menggunakan pola satu pintu, serta diperlukan payung hukum yang tegas berupa peraturan Gubernur terkait penerapan pendidikan dan pelatihan pola satu pintu sebagai dasar penerapannya.

References

Barnawi & M. Arifin. 2012. Manajemen Sarana dan Prasarana sekolah. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media..

Hamalik, Oemar. 2007. Manajemen Pelatihan Ketenagakerjaan Pendekatan Terpadu Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa. E. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetens;Konsep,Karakteristik dan Implementasi, (Bandung: PT Remaja Rosda Karya).

Pekei, Beni 2016.“Konsep dan Analisis Efektivitas Pengelolaan Keuangan Daerah di Era Ekonomi” Jakarta : Taushiah

Richard L. Daft. 2010. Era Baru Manajemen, (Jakarta: Salemba Empat).

Steers, M. Richard. 1985. Efektivitas Organisasi. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta

Werner, J.M. & Randy L. De Simone (2006). Human Resources Development. USA: Thomson

Agustina Rahmawati. 2017. Efektivitas Program Penyelenggaraan Diklat di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial, 1 (2) : 104-121.

M. Agung Maulana.2019. Pelaksanaan Program Pendidikan Dan Pelatihan (Diklat) Oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Bpsdm) Provinsi Riau Tahun 2016. JOM FISIP, 6 (1): 1-12.

Undang-undang Nomor 2 Tahun 2021 Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus bagi Provinsi Papua.

Peraturan Menteri dalam Negeri Nomor 31 Tahun 2007, tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan dilingkungan Departemen dalam Negeri dan Pemerintah Daerah.

Published
2021-11-13
How to Cite
Sejati, B. W. (2021). Efktivitas Penerapan Pendidikan dan Pelatihan Teknis Melalui Pola Satu Pintu pada BPSDM Provinsi Papua. Jurnal Widyaiswara Indonesia , 2(4), 193-200. https://doi.org/10.56259/jwi.v2i4.100
Section
Artikel Orasi Ilmiah